h1

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR ANAK

November 3, 2009

Anak memulai belajar pertama kali ditanamkan oleh orang tuanya sendiri. Sejka kecil dilatih bertanggung jawab dengan memulai tugas-tugas yang sederhana hingga yang rumit, serta disesuaikan dengan perkembangan
fisikmaupun psikisnya. Teladan orang tua serta turut sertanya orang tua menemani anaknya ketika melakukan tugas tersebut akan membesarkan hati, sehingga anak merasa senang dan termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik. Orang tua yang memperhatikan karakteristik pribadi anak akan memperkecil kegagalan dalam pengambilan keputusan yang patut dan efektif terhadap perubahan baik pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai-nilai sikap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa di SD Pangudi Luhur Don Bosco ? Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab
belajar anak. Sampel yang digunakan adalah murid kelas IV SD PL Don Bosco Semarang yang berjumlah 45 siswa. Analisa data menggunakan uji regresi linier sederhana.
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan informasi yang cocok menggunakan angket dan skala psikologi. Untuk mengumpulkan data bimbingan
belajar orang tua digunakan angket. Untuk mengumpulkan data tanggung jawab belajar digunakan skala psikologi.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan sebagian besar siswa kelas empat SD Don Bosco merasakan tingginya pengaruh bimbingan belajar orang tua mereka untuk tanggung jawab belajar. Jumlah anak yang berpendapat demikian sebesar 32 anak atau 71,11 % dari responden penelitian. Sedangkan tanggung jawab belajar juga tinggi yaitu 31 anak atau sebesar 68,89 % responden penelitian. Bimbingan belajar orang tua berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar anak berdasarkan hasil uji F dengan nilai F hitung sebesar 45,891 (p < 0,05). Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 1,462 + 0,972X. Besarnya sumbangan pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak adalah sebesar 0,516 atau 51,6 %.
Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan tanggung jawab belajar anak kelas IV SD Don Bosco Semarang dengan cara orang tua perlu meluangkan waktu untuk mendampingi anak serta memotivasi anak untuk belajar sehingga anak memperoleh hasil yang maksimal.

Download selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: