h1

PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN BUKU PENUNJANG BAHAN BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

November 3, 2009

Pada proses pembelajaran, guru tidak dapat menyampaikan seluruh bahan pelajaran secara jelas kepada siswa karena keterbatasan waktu dan banyaknya materi yang harus disampaikan. Salah satu usaha untuk memperbaikinya adalah dengan memilih dan memanfaatkan penunjang bahan belajar pendidikan secara lebih optimal dan sistematis. Dari uraian tersebut peneliti tertarik melakukan kajian tentang pemilihan dan pemanfaatan buku penunjang bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Jekulo Kudus dengan tujuan : 1) mengetahui kriteria pemilihan buku penunjang bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, 2) mengetahui pemanfaatan buku penunjang bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, 3) mengetahui jenis-jenis buku penunjang yang digunakan siswa kelas II
SMA Negeri 1 Jekulo Kudus.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMA Negeri 1 JekuloKudus sebanyak 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan besarnya sampel adalah 50% dari populasi. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 siswa. Variabel dalam penelitian  ini adalah pemilihan buku penunjang bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pemanfaatan penunjang bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data penelitian dengan metode dokumentasi dan angket.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis bahan bacaan yang paling disenangi siswa adalah buku pelajaran (84,2%), para siswa juga menyenangi buku bacaan lain seperti buku sastra/novel (73,3%), surat kabar (73,3%) dan majalah (70,0%). Kriteria sebagian besar siswa dalam memilih bahan bacaan adalah yang menarik (63,4%). Pemanfaatan buku penunjang sebagian besar siswa (53,3%) adalah baik. Dorongan guru kepada siswa dalam pemanfaaatan bahan bacaan adalah baik (55,8%) dan frekuensi pemanfaatan buku penunjang oleh siswa cukup sering (43,0%).
Mengacu dari hasil penelitian tersebut dimana pemilihan dan pemanfaatan buku penunjang oleh siswa sudah baik, maka peneliti dapat mengajukan beberapa saran sebagai berikut : 1) para siswa hendaknya memprioritaskan pilihannya untuk membaca bahan-bahan penunjang pelajaran yang relevan agar prestasi bejajar meningkat, 2) para siswa hendaknya lebih mengefektifkan waktu luang untuk kegiatan membaca dalam upaya penyelesaian
tugas-tugas dari guru maupun untuk mendapatkan berbagai informasi yang aktual dan bermanfaat, 3) guru hendaknya memberikan tugas-tugas yang dapat menunjang siswa untuk lebih banyak membaca berbagai bahan bacaan sebagai sarana penyelesaian tugas-tugas tersebut, dan 4) sekolah hendaknya mengusahakan berbagai referensi buku, surat kabar, majalah,maupun yang lain secara lengkap agar minat baca siswa untuk mendapatkan sumber informasi dari perpustakaan dapat meningkat.

Download selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: