h1

PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS

November 3, 2009

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa-siswa yang memiliki kemampuan lebih/berbakat intelektual di SMP N I Wanadadi, mereka dikelompokan dalam satu kelas khusus yaitu kelas unggulan. Mengingat pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang di ujikan pada UAN, maka sangat penting untuk dikembangkan sesuai
dengan konsep pembelajaran unggul. Fenomena menunjukkan bahwa dalam proses belajar matematika masih dianggap pelajaran yang memiliki tingkat kesukaran yang tinggi dan ditemukan juga siswa yang merasa takut dan kurang suka dengan pelajaran  matematika. Hal ini terbukti dengan perolehan nilai matematika yang rata-rata kelasnya hanya mencapai nilai 62,4. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu diteliti lebih lanjut
mengenai proses pembelajaran matematika pada kelas unggulan yang meliputi tahap  perencanaan, tahap pembelajaran dan tahap penilaian.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memperoleh gambaran secara obyektif  tentang pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas unggulan di SMP N I Wanadadi. 2) untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas unggulan di SMP Negeri I Wanadadi.
3)untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas unggulan di SMP Negeri I Wanadadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, wali kelas, guru matematika dan beberapa guru mata pelajaran lain yang mengajar di kelas unggulan dan beberapa siswa kelas IIA/ siswa kelas unggulan. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah terkumpul
dikelompokan , diberi kode, dan dikategorikan untuk kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian untuk menguji keabsahan data maka peneliti terjun langsung kelapangan dalam rentang waktu 2 bulan (Pebruari-Maret 2005) dan mengambil gambar untuk menunjang data. Kemudian digunakan teknik triangulasi untuk memperoleh tingkat
kepercayaan yang tinggi dari sumber data utama. Selain itu peneliti juga meggunakan teknik pengecekan anggota untuk menguji kepercayaan tentang data.
Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi dan wawancara dalam pembelajaran matematika di kelas unggulan menunjukan bahwa proses pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perlu dikondisikan lebih baik agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Pembelajaran matematika di kelas
unggulan sudah berjalan efektif dengan berusaha memaksimalkan proses pembelajaran, proses tersebut juga harus didukung oleh adanya guru yang kompeten dan profesional, fasilitas belajar yang mendukung dan adanya motivasi yang kuat dari siswa dalam belajar matematika.

Download selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: