h1

PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS UNGGULAN

Oktober 31, 2009

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa-siswa yang memiliki kemampuan
lebih/berbakat intelektual di SMP N I Wanadadi, mereka dikelompokan dalam satu kelas
khusus yaitu kelas unggulan. Mengingat pelajaran matematika merupakan salah satu
pelajaran yang di ujikan pada UAN, maka sangat penting untuk dikembangkan sesuai
dengan konsep pembelajaran unggul. Fenomena menunjukkan bahwa dalam proses
belajar matematika masih dianggap pelajaran yang memiliki tingkat kesukaran yang
tinggi dan ditemukan juga siswa yang merasa takut dan kurang suka dengan pelajaran
matematika. Hal ini terbukti dengan perolehan nilai matematika yang rata-rata kelasnya
hanya mencapai nilai 62,4. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu diteliti lebih lanjut
mengenai proses pembelajaran matematika pada kelas unggulan yang meliputi tahap
perencanaan, tahap pembelajaran dan tahap penilaian.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memperoleh gambaran secara obyektif
tentang pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas unggulan di SMP N I
Wanadadi. 2) untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dalam
pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas unggulan di SMP Negeri I Wanadadi.
3)untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran
matematika pada kelas unggulan di SMP Negeri I Wanadadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian kepala
sekolah, wali kelas, guru matematika dan beberapa guru mata pelajaran lain yang
mengajar di kelas unggulan dan beberapa siswa kelas IIA/ siswa kelas unggulan. Data
diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah terkumpul
dikelompokan , diberi kode, dan dikategorikan untuk kemudian dianalisis.
Dari hasil penelitian untuk menguji keabsahan data maka peneliti terjun langsung
kelapangan dalam rentang waktu 2 bulan (Pebruari-Maret 2005) dan mengambil gambar
untuk menunjang data. Kemudian digunakan teknik triangulasi untuk memperoleh tingkat
kepercayaan yang tinggi dari sumber data utama. Selain itu peneliti juga meggunakan
teknik pengecekan anggota untuk menguji kepercayaan tentang data.
Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi dan wawancara dalam
pembelajaran matematika di kelas unggulan menunjukan bahwa proses pembelajaran
yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perlu dikondisikan lebih baik
agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Pembelajaran matematika di kelas
unggulan sudah berjalan efektif dengan berusaha memaksimalkan proses pembelajaran,
proses tersebut juga harus didukung oleh adanya guru yang kompeten dan profesional,
fasilitas belajar yang mendukung dan adanya motivasi yang kuat dari siswa dalam belajar
matematika.

Download Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: