h1

IMPLEMENTASI KURIKULUM SMK EDISI 2004 MELALUI PENDEKATAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

Oktober 31, 2009

Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat untuk menuju perkembangan. Oleh karena itu, perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Perubahan dalam arti perbaikan  pendidikan pada semua tingkat perlu terus menerus untuk dilakukan sebagai  antisipasi kepentingan masa depan. Pemikiran ini mengandung konsekuensi bahwa penyempurnaan/ perbaikan pendidikan menengah kejuruan dimaksudkan untuk mengantisipasi kebutuhan dan tantangan masa depan yang perlu dilakukan  dan diselaraskan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha/ industri, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Penyempurnaan/ perbaikan pendidikan tersebut berupa perubahan kurikulum, yaitu kurikulum SMK edisi 2004 yang merupakan hasil penyempurnaan dari kurikulum SMK edisi 1999. Dengan kurikulum SMK edisi  2004 yang berbasis kompetensi diharapkan agar jajaran pendidikan menengah  kejuruan mampu mengembangkan potensi peserta didik untuk bekerja, membentuk pribadi yang mandiri, dan mampu menempatkan diri sebagai bagian
dari masyarakat dan warga negara.

Download Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: